KAMPANYE PUBLIC RELATIONS PT. PLN (PERSERO) APJ BANTEN UTARA UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT AKAN PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK
Main Authors: | Zaini, Fahmi Maulana, Winangsih, Rahmi, Yuliana, Nina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/187/1/SKRIPSI%20KOM%20FAHMI%20MAULANA%20ZAINI.pdf http://eprints.untirta.ac.id/187/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Fahmi Maulana Zaini. NIM. 051328. Skripsi. Strategi Kampanye Public Relations PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Penggunaan Energi Listrik. Saat ini segala aktifitas manusia ditunjang dengan energi listrik, tetapi masyarakat tidak menyadari tanggung jawabnya untuk membayar tagihan rekening listrik tepat waktu dan tanggung jawabnya untuk menghemat pemakaian energi listrik. Masyarakat tidak sadar akibat dari pola pikir mereka tidak hanya merugikan pihak PT. PLN (Persero), tetapi juga merugikan bagi masyarakat. Hal ini mengkhawatirkan, karena pasokan listrik di Indonesia masih terbatas jumlahnya. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui saluran komunikasi yang digunakan dalam strategi kampanye public relations dilakukan oleh PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara, Untuk mengetahui jenis kampanye yang digunakan dalam strategi kampanye public relations oleh PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara, Untuk mengetahui strategi yang digunakan dalam merancang pesan dalam strategi kampanye public relations PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 2 orang yaitu, Kepala Biro HumasPT. PLN (Persero) APJ Banten Utara sebagai key informan dan satu orang staff biro humas PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT PLN APJ Banten PT PLN APJ Banten Utara dalam melaksanakan strategi kampanye public relations untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penggunaan energi listrik dengan menggunakan tiga saluran komunikas, yaitu: Menggunakan metode tatap muka langsung kepada masyarakat. Kemudian menggunakan metode opinion leader, yakni menggunakan para aparat dan pemuka masyarakat untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat. Yang terakhir menggunakan metode penggunaan media massa, seperti memasang iklan layanan masyarakat pada media cetak, yaitu di Radar Banten dan Banten Raya Post. Kemudian memasang iklan layanan masyarakat dan mengadakan talk show di beberapa radio lokal di Provinsi Banten, seperti radio radio Banten FM, radio TOP FM, Serang FM, Ramaloka FM dan Megaswara FM serta menggunakan metode penggunaan media luar ruang seperti leaflet, pamphlet, spanduk, dan baligo. Jenis kampanye yang digunakan adalah ideogical or cause yang bertujuan untuk perubahan sosial. Dan strategi yang digunakan adalah staretegy of publicity dan strategy of persuation.