HUBUNGAN ANTARA PEMBERITAAN OKEZONE.COM DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Untirta Reguler 2010/2011)

Main Author: Fickry, Rachmat Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/185/1/SKRIPSI%20KOM%20RACHMAT%20A%20FICKRY.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/185/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Rachmat Abdul Fickry. 6662072964. SKRIPSI. Hubungan antara Pemberitaan Okezone.comn dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2012 Pemberitaan Okezone.com merupakan suatu alternatif media informasi berupa portal berita di Indonesia yang dapat diakses dengan cepat, dimanapun dan kapanpun berada terutama bagi mahasiswa yang membutuhkan informasi guna menunjang pengetahuan serta media belajar yang positif. Semakin besar pemberitaan yang disajikan maka semakin besar pula pemenuhan kebutuhan informasi mereka. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara pemberitaan Okezone.com dan pemenuhan kebutuhan informasi. Penelitian ini bertitik tolak dari Uses and gratifications Model. Model ini memusatkan perhatian pada penggunaan (uses) media untuk mendapatkan kepuasan (gratifications) atau kebutuhan seseorang. Model ini tidak tertarik kepada apa yang dilakukan media pada diri seseorang, tetapi ia tertarik pada apa yang dilakukan orang terhadap media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatif survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi reguler FISIP Untirta TA 2010/2011 yang berjumlah 77 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket. Berdasarkan hasil perhitungan, pemberitaan Okezone.com yang diukur dengan unsur penting, kejelasan, aktualitas, dan faktualitas tergolong baik dengan perolehan perentase sebesar 78,9%. Sementara itu pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa pun tergolong baik dengan perolehan persentase sebesar 79,2%. Secara garis besar, hasil penelitian ini menyatakan pemberitaan Okezone.com tersebut memberikan hubungan yang cukup berarti pada pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa sebesar 24,6%. Tidak luput dari semuanya, penelitian ini diharapkan dapat menambah dan memberikan sumbangan pemikiran, serta dapat bermanfaat untuk pengembangan studi Ilmu Komunikasi. Kata Kunci : Pemberitaan, Okezone.com, Pemenuhan Kebutuhan Informasi