TEKNIK KOMUNIKASI NONVERBAL GURU PADA PENYANDANG TUNARUNGU (Studi Deskriptif Penggunaan Komunikasi Nonverbal Guru Pada Penyandang Tunarungu di Sekolah Dasar Khusus Negeri 01 Kota Serang)
Main Authors: | Wulansari, Widayati, Sihabudin, Ahmad, Kania, Nia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/184/1/SKRIPSI%20KOM%20WIDAYATI%20WULANSARI%20TEKNIK%20KOMUNIKASI%20NONVERBAL%20GURU%20PENYANDANG%20TUNARUNGU.pdf http://eprints.untirta.ac.id/184/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Widayati Wulansari. NIM. 061578. Teknik Komunikasi Nonverbal Guru Pada Penderita Tunarungu di Sekolah Dasar Khusus Negeri 01 Kota Serang. Komunikasi merupakan salah satu proses sosial yang sangat mendasar dalam kehidupan manusia. Namun dalam kegiatan komunikasi terkadang menemukan hambatan dalam proses penyampaian pesan, pengiriman pesan sampai pemahaman pesan. Khususnya berkomunikasi dengan anak penyandang tunarungu sangat dibutuhkan kemampuan khusus seorang guru tentang bagaimana mengajar dan memberikan instruksi dalam upaya memberikan pengetahuan sesuai dengan kurikulum yang ada. Salah satunya yaitu dengan menggunakan teknik komunikasi nonverbal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan teknik-teknik komunikasi nonverbal guru pada penyandang tunarungu dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di Sekolah Khusus Negeri 01 Kota Serang. Teori yang peneliti gunakan yaitu teori akomodasi komunikasi dari Giles. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan key informan sebagai nara sumber peneliti yaitu : Guru kelas 1 (satu), 2 (dua) dan 3 (tiga) yaitu Ibu Euis Andariah S.Pd, Guru kelas 4 (empat) dan 5 (lima) yaitu Ibu Sa’adiah S.Pd, dan Guru kelas 6 (enam) yaitu Ibu Hj. Iin Sakinah S.Pd. Setelah dilakukan proses penelitian, maka diperoleh hasil penelitian bahwa, teknik komunikasi nonverbal yang digunakan oleh para guru Sekolah Dasar Khusus Negeri 01 Kota Serang dalam kegiatan belajar mengajar adalah dengan menggunakan komunikasi Nonverbal lima gerakan tubuh yaitu : teknik emblim, ilustrator affect display, regulator dan teknik adaptor.