Minat Masyarakat dalam Menggunakan Media Massa (Studi Deskriptif di Komplek Banjar Agung Indah, Kota Serang)

Main Authors: Fauziah , Ririn, Widyaningtyas, Mia Dwiana, Nursih, Isti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/183/1/SKRIPSI%20KOM%20RIRIN%20FAUZIAH%20669072967.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/183/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Ririn Fauziah. 6662072967. Minat Masyarakat dalam Menggunakan Media Massa. Konsentrasi Ilmu Jurnalistik. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2012. Media massa merupakan alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator pada komunikan. Terdiri dari media massa modern dan media massa tradisional. Media massa modern adalah surat kabar, radio, televisi dan bioskop, sementara media massa tradisional adalah teater, pantun dan sejenisnya. Media massa dibagi menjadi tiga bentuk, yaitu media cetak, elektronik dan media online.Masing-masing khalayak memiliki minat menggunakan media massa yang berbeda sesuai dengan tingkat kebutuhannya. Tujuan masyarakat menggunakan media massa untuk memenuhi kebutuhan khalayak seperti kebutuhan kognitif, pelepas ketegangan dan interaksi sosial. Model uses and gratification menyatakan bahwa khalayak menggunakan media massa sesuai dengan kebutuhan dan berusaha memenuhi pemuasan.Penelitian dilakukan di Komplek Banjar Agung Indah, Kota Serang. Menggunakan pendekatan deskriptif dengan teknik kuantitatif. Jumlah populasi 2314 penduduk dengan dengan teknik pengambilan purposive random sampling menggunakan rumus Yamane sehingga didapat 96 sampel. Penelitian bertujuan menggambarkan dimensi dan indikator-indikator dari variabel minat. Hasil Penelitian ini menggambarkan empat indikator minat yaitu motivasi, partisipasi, perhatian dan perasaan. Indikator motivasi berada pada interval tinggi dengan nilai 804. Indikator partisipasi berada pada interval sedang dengan nilai 1218. Indikator perhatian berada pada interval tinggi dengan nilai 2630. Indikator perasaan berada pada interval sedang dengan nilai 658. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukan variabel minat berada pada interval sedang dengan nilai 5310.