PERSEPSI SISWA SMA NEGERI 1 KOTA SERANG TERHADAP BERITA TENTANG GAYA HIDUP (LIFE-STYLE) PADA MAJALAH BIMAGAZINE (Studi Kasus Siswa SMA Negeri 1 Kota Serang Angkatan 2010)

Main Authors: Suprayogi, Lanang, Sihabudin, Ahmad, Panji, Yearry
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/181/1/SKRIPSI%20KOM.%20062490.%20LANANG%20SUPRAYOGI.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/181/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Lanang Suprayogi. 062490. Skripsi. Persepsi Siswa SMA Negeri 1 Kota Serang Terhadap Berita tentang Gaya Hidup (Life-Style) pada Majalah BIMagazine (Studi Kasus Siswa SMA Negeri 1 Kota Serang Angkatan 2010) Saat ini majalah yang berlatar belakang tentang gaya hidup (life-style) tidak hanya beredar di kota-kota besar saja. Di daerah seperti Kota Serang pun terdapat majalah BIMagazine yang berlatar belakang tentang gaya hidup (life-style) khususnya gaya hidup para remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa SMA Negeri 1 Kota Serang terhadap berita tentang gaya hidup (lifestyle) pada majalah BIMagazine. Penelitian ini bertolak pada Teori S - R dan Individual Difference. Teori S - R menelaah efek yang ditimbulkan oleh media yang dapat mengubah tindakan komunikasi khalayak berikutnya. Sementara Individual Difference menelaah perbedaan dari setiap efek yang di timbulkan oleh media berkaitan dengan Teori S - R. Metode penelitian yang dipakai adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswasiswa SMA Negeri 1 Kota Serang angkatan 2010 dan sempel yang di ambil berjumlah 75 orang dengan menggunakan teknik quota sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa mayoritas siswa SMA Negeri 1 Kota Serang khususnya angkatan 2010 memiliki persepsi positif jika dilihat dari faktor pembentukan persepsinya yaitu, seleksi, pengorganisasian dan interpretasi dengan presentase lebih dari 50% menjawab setuju. Namun ada juga siswa SMA Negeri 1 Kota Serang khususnya angkatan 2010 yang menjawab tidak setuju dengan presentase lebih dari 14%. Perbedaan persepsi tersebut di picu oleh perbedaan dari setiap individunya mengenai, latar belakang budaya, pengalaman masa lalu, nilai-nilai yang dianut, dan berita-berita yang berkembang. Kesimpulan penelitian ini adalah mayoritas siswa SMA Negeri 1 Kota Serang khususnya angkatan 2010 memiliki persepsi positif terhadap berita tentang gaya hidup (life-style) pada majalah BIMagazine. Namun masih belum dapat di terima oleh semua pembaca majalah BIMagazine yang terdapat pada SMA Negeri 1 Kota Serang khususnya angkatan 2010. Sarannya adalah diharapkan bagi penerbit majalah BIMagazine untuk mengurangi porsi berita atau informasi mengenai fenomena tentang gaya hidup (life-style). Kemudian untuk pelaku media lokal Banten lainnya yang ingin menerapkan konsep tentang gaya hidup (life-style) dan diterbitkan di Kota Serang, sebaiknya lebih hati-hati lagi ketika mengeksplorasi berita atau informasi tentang fenomena gaya hidup (life-style).