HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN SEARCH ENGINE GOOGLE DAN KREATIVITAS MAHASISWA (Survei terhadap Mahasiswa Komunikasi Reguler FISIP Untirta TA 2008/2009)

Main Authors: Pramesti, Niken, Ahmad, Ikhsan, Widyaningtyas, Mia Dwiana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/174/1/SKRIPSI%20KOM%20NIKEN%20PRAMESTI.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/174/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Niken Pramesti. 6662072958. SKRIPSI. Hubungan antara Penggunaan Search Engine Google dan Kreativitas Mahasiswa. Program Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2011 Penggunaan search engine Google merupakan suatu alternatif media pencarian informasi di berbagai website di seluruh dunia yang dapat diakses secara cepat, terutama bagi mahasiswa yang membutuhkan informasi guna menunjang pengetahuan serta media belajar yang positif. Semakin besar ingin tahu mereka terhadap sesuatu hal, semakin besar pula peluang mereka untuk dapat berpikir kreatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara penggunaan search engine Google dan kreativitas mahasiswa. Penelitian ini bertitik tolak dari Uses and Gratifications Model. Model ini memusatkan perhatian pada penggunaan (uses) media untuk mendapatkan kepuasan (gratifications) atau kebutuhan seseorang. Model ini tidak tertarik pada apa yang dilakukan media pada diri seseorang, tetapi ia tertarik pada apa yang dilakukan orang terhadap media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatif survei dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan penjelasan tentang hubungan antara penggunaan search engine Google dan kreativitas mahasiswa. Data dalam penelitian ini berupa data yang berskala interval. Maka, untuk mengetahui adanya hubungan penggunaan search engine Google dan kreativitas mahasiswa analisis yang digunakan adalah Product Moment Correlations. Dalam penelitian ini penulis menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian, yaitu mahasiswa komunikasi reguler FISIP Untirta TA 2008/2009 yang berjumlah 91 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan, penggunaan search engine Google tergolong baik dengan perolehan persentase sebesar 77,76%. Hal ini terlihat pada kemudahan mahasiswa dalam pencarian informasi sebesar 87,4%, kemudian fasilitas yang diberikan search engine google memberikan kontribusi sebesar 81,2%, namun mahasiswa masih menemukan kesulitan dalam menemukan informasi sebesar 69,27%. Sementara itu, kreativitas mahasiswa pun tergolong baik dengan perolehan persentase sebesar 74,96%, diantaranya tercermin pada aspek kognitif sebesar 76,39% dan aspek afektif sebesar 74%. Secara garis besar, hasil penelitian ini menyatakan penggunaan search engine Google tersebut memberikan hubungan yang cukup berarti pada kreativitas mahasiswa sebesar 20,25%. Tidak luput dari semuanya, penelitian ini diharapkan dapat menambah dan memberikan sumbangan pemikiran, serta dapat bermanfaat untuk pengembangan studi ilmu komunikasi. Kata Kunci : Search Engine, Google, Kreativitas