PENGARUH PELAYANAN PT. PLN (Persero) APJ BANTEN UTARA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA LISTRIK PRABAYAR (Wilayah Distribusi UPJ Serang Kota) (Studi Korelasi tentang Listrik Prabayar pada Perumahan Taman Mutiara Indah, Kota Serang)

Main Author: Sari, Mulia Arista
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/160/1/SKRIPSI%20KOM%20MULIA%20ARISTA%20SARI.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/160/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • MULIA ARISTA SARI. 061594. Pengaruh Pelayanan PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Listrik Prabayar (Wilayah Distribusi UPJ Serang Kota). Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Banten. 2010. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelayanan PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara terhadap kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar pada wilayah Distribusi UPJ Serang Kota. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelayanan PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara, bagaimana kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar, dan bagaimankah pengaruh pelayanan PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara terhadap kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar. Dalam penelitian ini teori utama yang digunakan adalah teori S-O-R. Stimulus atau pesan yang disampaikan kepada komunikan mungkin diterima atau ditolak. Komunikasi akan berlangsung jika ada perhatian dari komunikan. Proses berikutnya adalah adanya pengertian dari komunikan dan kemampuan komunikan inilah yang melanjutkan proses berikutnya setelah komunikan mengolah dan menerimanya maka terjadilah respon dari komunikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Subjek penelitian ini adalah pelanggan listrik prabayar pada Perumahan Taman Mutiara Indah yang berjumlah 63 orang yang menggunakan Purposive Sampling. Proses pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Untuk pengolahan data, peneliti menggunakan aplikasi statistik SPSS dengan submenu frequencies dan descriptive. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka ada temuannya antara lain terbukti bahwa Pelayanan Yang dilakukan Oleh PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar, diaman hasil yang didapat adalah 0,97 (termasuk dalam kategori kuat) berdasarkan hasil perhitungan rumus koefisien korelasi Product Moment. Sedangkan berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 94,09% pengaruh Pelayanan Yang dilakukan Oleh PT. PLN (Persero) APJ Banten Utara memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan pengguna listrik prabayar. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh pelayanan UPJ Serang Kota terhadap kepuasan pelanggan pengguna listik prabayar dapat diterima.