URGENSI PENGUASAAN KETERAMPILAN VOKASIONAL DI ERA EKONOMI DIGITAL INDONESIA
Main Authors: | Suhendar, Suhendar, Pardjono, Pardjono, Sudira, Putu |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/15580/1/12%20Urgensi%20Keterampilan.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15580/2/12%20Urgensi%20Keterampilan%206%25.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15580/ |
Daftar Isi:
- Globalisasi dan pertumbuhan teknologi internet menjadikan awal munculnya era Ekonomi Digital. Pada era ini, rendahnya pendidikan dan penguasaan keterampilan kejuruan (vokasional) akan menjadi penyebab rendahnya kualitas dan produktivitas sumber daya manusia Indonesia (SDMI). Seiring dengan pemberlakuan konsensus Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di akhir tahun 2015, peningkatan mutu SDMI menjadi tuntutan mendesak agar rakyat dan bangsa ini mampu bersaing dan memiliki peran penting di setiap segi pergerakan perekonomian. Upaya peningkatan kualitas pendidikan dan penguasaan keterampilan teknologi di era ini bisa ditempuh melalui (1) pendidikan formal, (2) pendidikan dan pelatihan non-formal, dan (3) pendidikan in-formal yang spesifik mengarah kejuruan. Pengetahuan dan penguasaan keterampilan dasar vokasional perlu segera diberikan sejak dini kepada SDMI di segala level/tingkatan pendidikan dan lingkungan. Penguasaan keterampilan vokasional menjadi solusi untuk menjawab tantangan di era ekonomi digital. Jalur formal pendidikan vokasional atau Technical Vocational Education and Training (TVET) sangat penting diperkuat dan dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan gaya selingkung dan potensi alam masyarakat Indonesia. Sinergi antara Pendidikan Vokasional, Pelatihan Vokasional, Sertifikasi Vokasional, dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Penguasaan Keterampilan Vokasional akan menjadi tolak ukur dan solusi guna meningkatkan Human-Index Indonesia. Demikian juga kolaborasi nyata antara-pemerintah-industri-instansi-masyarakat (putri-mas) dalam proses penguatan dan peningkatan SDMI maupun pemanfaatan laboratorium praktek dan pelatihan secara bersama diyakini dapat meningkatkan mutu dan produktivitas SDMI di era ekonomi digital. Key Words: Teknologi Internet, Ekonomi Digital, TVET Indonesia, Pendidikan Vokasional, Pelatihan Vokasional, Keterampilan Vokasional