PERBEDAAN KEPUASAN PENGGUNA INTERNET PADA SITUS BERITA KOMPAS.COM DAN DETIK.COM (Survei terhadap Mahasiswa Konsentrasi Jurnaistik Program Studi Ilmu Komunikasi kelas Reguler FISIP Untirta TA 2007-2009)
Main Authors: | Subakti, Muhammad Bela, Jaiz, Muhammad, Widyaningtyas, Mia Dwiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/155/1/SKRIPSI%20KOM%20MUHAMMAD%20BELA%20SUBAKTI%206662072896.pdf http://eprints.untirta.ac.id/155/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Muhammad Bela Subakti. NIM 6662072896. SKRIPSI. Perbedaan Kepuasan Pengguna Internet Pada Situs Berita Detik.com dan Kompas.com. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2011 Bertambahnya interaksi manusia dengan teknologi menghadirkan media baru yang dirasa paling cocok dengan mobilitas masyarakat saat ini yang hampir semua kegiatannya didukung oleh kecanggihan teknologi. Kemunculan internet sebagai media baru sangat berpengaruh bagi banyak bidang termasuk industri media massa. Media dianggap berusaha memenuhi kebutuhan khalayak. Jika kebutuhan terpenuhi, kepuasan dalam menggunakan media dapat terpenuhi sehingga media yang mampu memenuhi kebutuhan khalayak disebut media yang efektif. Situs berita online seperti Detik.com dan Kompas.com menjadi situs berita yang paling banyak diakses di Indonesia. Dibandingkan dengan situs berita lainnya, kedua situs ini memiliki jumlah pengunjung yang paling tinggi. Detik.com meraih jumlah pengunjung yang paling tinggi sementara Kompas.com berada 2 tingkat dibawahnya. Penelitian bertujuan untuk mengkomparasikan tingkat kepuasan dari kedua situs ini melalui motif-motif yang dicari oleh khalayak. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications, inti teori Uses and Gratifications adalah khalayak menggunakan media massa berdasarkan motif-motif tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan responden sebanyak 83 orang. Skala yang digunakan adalah skala penilaian dengan tehnik analisis statistik destkriptif. Motif-motif kebutuhan dijadikan indikator yang dipecah menjadi standar-standar penilaian. Hasil penelitian ini menunjukan dari 19 standar penilaian, Kompas.com mampu meraih skor rata-rata lebih tinggi dengan persentase sebesar 74,2% sementara Detik.com dengan persentase sebesar 72,6%. Setiap situs memiliki keunggulannya masing-masing, responden lebih merasa puas setelah mengakses Kompas.com pada motif informasi juga dari segi tampilan. Detik.com lebih unggul dalam motif hiburan dan keragaman informasi yang disajikan. Penelitian ini membuktikan bahwa jumlah pengunjung belum tentu dapat memenuhi motif-motif kebutuhan khalayak dalam bermedia. Kata kunci: Kepuasan, Detik.com, Kompas.com