PERAN GURU DALAM MENGENALKAN MAKANAN SEHAT DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Deskriptif Kualitatif di TKIT Villa Madani Cilegon-Banten)
Main Author: | FARAH, AINI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/15414/1/COVER.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15414/2/BAB%201.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15414/3/BAB%202.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15414/4/BAB%203.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15414/5/BAB%204.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15414/6/BAB%205.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15414/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15414/8/LAMPIRAN.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15414/ |
Daftar Isi:
- Peran guru dalam mengenalkan makanan sehat pada anak sejak usia dini di sekolah sangatlah penting, khususnya di masa pandemi COVID-19 seperti ini. Dengan mengenalkan makanan sehat di sekolah maka anak akan terbiasa memakan makanan sehat dan menjadikan tubuh anak lebih bertenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari serta tubuh anak akan terhindar dari berbagai penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengenalan makanan sehat, peran guru dalam mengenalkan makanan sehat, dan faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengenalkan makanan sehat di masa pandemi COVID�19 pada anak usia 4-5 tahun di TKIT Villa Madani Cilegon-Banten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan pada guru dan anak usia 4-5 tahun di kelompok A dengan jumlah sebanyak 10 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa proses pengenalan makanan sehat sudah cukup baik, dimana makanan yang disajikan sudah mengandung unsur gizi seimbang dan memiliki dampak yang cukup besar, selain anak dapat mengenal makanan sehat, ada anak yang awalnya tidak suka memakan sayuran menjadi menyukainya dan sangat menikmati makanan sehat tersebut. Kemudian peran guru dalam mengenalkan makanan sehat di masa pandemi COVID-19 pada anak usia 4-5 juga sudah cukup baik, dimana guru sudah menunjukkan aspek peran guru, seperti peran guru sebagai perencana, peran guru sebagai penggerak, peran guru sebagai evaluator dan peran guru sebagai motivator. Lalu faktor pendukung pengenalan makanan sehat di masa pandemi COVID-19 pada anak usia 4-5 tahun yang dirasakan oleh guru, yaitu anak selalu antusias dalam setiap kegiatan pengenalan makanan sehat dan memakan makanan sehat tersebut dengan lahap. Sedangkan faktor penghambat yang dirasakan oleh guru, yaitu masih ada anak yang tidak mau memakan makanan sehat tertentu.