PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN
Daftar Isi:
- Pada saat observasi didapatkan permasalahan bahwa hasil belajar kognitif siswa yang rendah salah satunya disebabkan karena minimnya media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran IPA. Proses pembelajaran IPA dengan bantuan media pembelajaran Kokami dapat meningkatkan hasil belajar kognitif. Media pembelajaran Kokami (kotak kartu misterius) yaitu media yang dapat digunakan siswa untuk berdiskusi mengenai suatu permasalahan yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan, sehingga siswa bias menerapkan upaya untuk melestarikan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kevalidan dan kepraktisan pada media pembelajaran Kokami tema pelestarian lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development R&D, desain penelitian menggunakan desain Borg & Gall (2003) dan sampel penelitian menggunakan 40 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Menes. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi untuk uji kevalidan yang dilakukan oleh 3 validator yaitu ahli media, ahli materi dan guru mata pelajaran IPA, serta angket respons siswa untuk uji kepraktisan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran Kokami memiliki perbedaan dengan produk sejenis dilihat dari komponen, materi, inovasi baru dan capaiannya untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hasil uji kevalidan oleh tiga validator memiliki nilai rata-rata 93%, dengan kriteria “Valid” artinya media pembelajaran Kokami dapat diujicoba kepada pengguna. Hasil uji kepraktisan media pembelajaran Kokami pada respons siswa menghasilkan nilai rata-rata 96,5% dengan kriteria “Sangat Baik” artinya media pembelajaran Kokami sangat baik digunakan dalam pembelajaran IPA