ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA BUKU TEKS PEMBELAJARAN IPA SMP KELAS VII TEMA AIR YANG TERCEMAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemunculan indikator kemampuan berpikir kritis pada buku teks pembelajaran IPA SMP kelas VII pada tema air yang tercemar. Indikator kemampuan berpikir kritis yang dianalisis yaitu memfokuskan pertanyaan, menganalisis argumen, bertanya dan menjawab pertanyaan, mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak, mengobservasi dan mempertimbangkan suatu observasi, membuat deduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi, membuat induksi dan mempertimbangkan hasil induksi, membuat dan pertimbangankan keputusan yang bernilai, mendefinisikan istilah dan pertimbangkan definisi, mengidentifikasi asumsi, menentukan suatu tindakan dan berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode analisis dokumen untuk memaparkan kemunculan indikator kemampuan berpikir kritis pada setiap komponen sub materi dalam buku teks pembelajaran IPA. Objek penelitian ini yaitu buku teks pembelajaran IPA penerbit Kemendikbud, Erlangga dan Quadra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar daftar checklist. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif dengan menghitung jumlah komponen analisis yang sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis kemunculan indikator berpikir kritis pada ketiga buku teks pembelajaran IPA yang dianalisis, kemunculan indikator kemampuan berpikir kritis memperoleh persentase tertinggi pada buku Kemendikbud sebesar 83,33% kategori sangat baik. Sedangkan buku Erlangga sebesar 66,67% kategori baik dan Quadra sebesar 56,68% kategori cukup baik.