Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan Problem Based Learning (PBL) berbasis karakter dan budaya lokal terhadap kemampuan literasi matematis siswa SMP di Kabupaten Lebak. Rendahnya kemampuan literasi matematis dikarenakan siswa cenderung pasif dan kurang mengeksplorasi selama proses pembelajaran, akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengerjakan soal. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental) dan jenis desain pretest and posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Bojongmanik dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan Soal uraian dan angket. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji T independent sample t-test, hasil penelitian memberi kesimpulan bahwa pendekatan Problem Based Learning (PBL) berbasis karakter dan budaya lokal memiliki pengaruh dan meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.