PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VI SDN KADU BEREUM 1 KECAMATAN PADARINCANG KABUPATEN SERANG

Main Author: SUHAYATI, UCU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/15376/1/COVER.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/15376/2/BAB%20I.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/15376/3/BAB%20II.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/15376/4/BAB%20III.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/15376/5/BAB%20IV.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/15376/6/BAB%20V.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/15376/7/DAFTAR%20PUSAKA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/15376/8/LAMPIRAN.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/15376/
Daftar Isi:
  • Google Classroom adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah, yang bertujuan untuk menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas tanpa harus bertatap muka. Tujuan utama google classroom adalah untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas VI SDN Kadu Beureum I Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang. Dari populasi siswa SDN Kadu Beureum I Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang sebanyak 130 siswa, sebanyak 30 siswa kelas VI diambil sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan angket kuesioner sebagai alat pengumpul data. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa : 1) Secara parsial pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai t hitung 2,785 > t tabel 2.05183 dan nilai sig.0.010 < 0.05, dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 21,7%. 2) motivasi belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, yang ditunjukkan dengan nilai t hitung 4.255 > t tabel 2.05183 dan nilai sig.0.000 < 0.05, dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 39,3%. 3) pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom dan motivasi belajar siswa secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai F hitung 10.483 > F tabel 3.35, dan nilai Sig. 0.000 < 0.05, dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 43,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom dan motivasi belajar berpengaruh pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada siswa Kelas VI Kadu Bereum I Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang.