Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA/MA se-Provinsi Banten serta mendeskripsikan hubungan antara keduanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Kemampuan literasi sains sebagai variabel bebas dan kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA/MIA se�Provinsi Banten. Sampel penelitian berjumlah 320 siswa SMA/MA se-Provinsi Banten yang berasal dari 16 sekolah, setiap kabupaten/kota masing-masing diwakili oleh 1 sekolah negeri dan swasta yang ditentukan secara random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen PISA tahun 2012 dan 2015, instrumen HOTS level C4 – C6 serta angket siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi spearman. Hasil uji korelasi spearman memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,120. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA/MA se-Provinsi Banten tergolong sangat rendah dan tidak terdapat hubungan antara keduanya.