PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONFORMITAS SISWA SMP
Daftar Isi:
- Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konformitas siswa adalah dengan mengembangkan program bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan program bimbingan kelompok yang difasilitasi oleh buku panduan pelaksanaan guru Bimbingan konseling. Tujuannya untuk memudahkan guru dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok sehingga fokus pada layanan yang diberikan, serta dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan pemahaman konformitas melalui berbagai materi yang disajikan secara menarik. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang disederhanakan kedalam tiga tahapan yaitu analisis, perancangan, dan pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan uji kelayakan ahli terhadap produk yang dikembangkan. Adapun teknik analisis data statistik yang digunakan dalam uji kelayakan produk pengembangan adalah sampling purposive yang disajikan dalam bentuk pengambilan sampel (sampling purposive). Hasil uji kelayakan produk pengembangan yang telah dilakukan oleh dua dosen ahli program dan satu guru yang merupakan ahli program. Dari keduanya sebesar 94,5, artinya buku panduan pelaksanaan guru bimbingan konseling dikembangkan oleh peneliti termasuk dalam kategori “sangat layak”.