Daftar Isi:
  • Provinsi Banten merupakan daerah yang memiliki potensi wisata yang mampu mendorong perekonomian daerah, Provinsi Banten memiliki potensi pariwisata yang variatif, tersebar di 4 kabupaten dan 4 kota, tercatat hampir 344 jenis wisata alam, 231 jenis wisata buatan dan hamper 591 jenis wisata religi, sejarah budaya dan wisata ziarah. Dinas Pariwisata Provinsi Banten di harapkan memiliki strategi komunikasi yang tepat dan efisien agar pariwisata di Banten dapat di kenal oleh masyarakat luar daerah dan juga luar negeri. Salah satu strategi komunikasi yang di gunakan oleh Dinas Pariwisata Banten dalam mempromosikan pariwsata di Banten adalah dengan menerapkan portal informasi yaitu situs exicitingbanten.id. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Paradigma yang digunakan adalah post positivisme ditunjang dengan model alur tanda “?”.Teknik analisa data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat adalah (1) Dinas Pariwisata Provinsi Banten memfokuskan target khalayaknya pada wisatawan domestik, dan untuk UMKM (usaha mikro kecil menengah) berfokus pada masyarakat lokal dekat lokasi pariwisata. (2) Tujuan yang ingin di capai dari portal informasi excitingbanten.id adalah untuk mendeketkan konsumen dengan produsen. (3) Pada tahap pemilihan pesan, untuk penyampainnya pesannya Dinas Pariwisata Provinsi Banten mempromosikan portal informasi excitingbanten.id melalui acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten dan juga melalui sosial media yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Provinsi Banten. (4) Dinas Pariwisata Provinsi Banten mengubah kebiasaan khalayak yang pada awalnya mencari dan mendapatkan informasi lewat per individu menjadi lebih modern dan juga efisien terkait segala kebutuhan wisata yang ada di Banten. (5) Dinas Pariwisata Provinsi Banten memilih portal informasi karena pihak Dinas ingin masyarakat mendapatkan informasi juga seputar wisata yang ada di Banten langsung dari pihak yang mengelola. (6) Dinas Pariwisata Provinsi Banten membuat portal informasi yang memiliki pesan informative dan kekinian untuk menarik masyarakat, karena saat ini kehidupan masyarakat tidak terlepas dari internet. (7) UMKM (usaha mikro kecil menengah) merespon dengan baik tentang portal informasi excitingbanten.id, beberapa wisatawan membeli produk karena mendapatkan informasi produk tersebut dari portal informasi excitingbanten.id.