PENGARUH LIFESTYLE DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BUSANA MUSLIM SECARA ONLINE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Main Author: | FEBRYANTI, FIRDA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/15175/1/COVER.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15175/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lifestyle dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk busana muslim secara online pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Metode pengumpulan data dilakukan secara online menggunakan Google Form yang selanjutnya dianalisis regresi linear berganda dengan uji parsial (Uji t) dan uji simultan (Uji F) dengan bantuan software IBM SPSS Statistik 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji linear berganda diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y = 1,684 + 0,382X1 + 0,468X2 + e hasil tersebut menyatakan bahwa variabel lifestyle (X1) mempunyai pengaruh sebesar 0,382 terhadap keputusan pembelian (Y) sedangkan variabel electronic word of mouth (X2) mempunyai pengaruh sebesar 0,468 terhadap keputusan pembelian (Y). Dari hasil uji t nilai thitung variabel lifestyle sebesar 4,739 dan variabel electronic word of mouth sebesar 5,482 dengan nilai ttabel (N=96) sebesar 1,661, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial variabel lifestyle (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan variabel keputusan pembelian (Y) dan electronic word of mouth (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil uji F nilai Fhitungsebesar 70,229 hasil ini lebih besar dari Ftabel sebesar 3,09 sehingga dapat ditarik kesimpulan secara simultan atau bersama-sama variabel lifestyle (X1) dan electronic word of mouth (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Kemudian koefisien determinasi (R Square) menunjukkan bahwa lifestyle dan electronic word of mouth mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 59,3% sedangkan sisanya 40,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam penelitian ini.