ANALISA PERFORMA MOTOR BENSIN 1 SILINDER DENGAN PENAMBAHAN ZAT ADITIF PADA BAHAN BAKAR PREMIUM DENGAN VARIASI PUTARAN DAN PERSENTASE PENAMBAHAN ZAT ADITIF
Main Author: | IKHSAN, KHOIRUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/15128/1/COVER.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15128/2/BAB%20I.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15128/3/BAB%20II.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15128/4/BAB%20III.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15128/5/BAB%20IV.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15128/6/BAB%20V.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15128/7/DAFTAR%20PUSAKA.pdf https://eprints.untirta.ac.id/15128/ |
Daftar Isi:
- Di zaman yang serba modern penggunan motor bakar menjadi transportasi aternatif yang banyak digunakan. Sehingga upaya untuk meningkatkan kualitas bahan bakar menjadi sesuatu yang penting guna untuk menjaga mesin agar tatap dalam kondisi normal dan dapat mengurangi tingkat polusi. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pencampuran zat aditif dengan merek eco racing pada bahan bakar mesin motor bensin jenis premium (oktan 88). Variabel bebas pada penelitian ini menggunakan 6 variasi bahan bakar yaitu premium murni, premium+1/4, premium+1/2, premium+1, premium+2, dan premium+3. Sedangakan variabel kontrol adalah variasi putaran yaitu 4000 rpm, 4500 rpm, 5000 rpm, 5500 rpm, 6000 rpm. Dari pengujian tersebut didapatkan hasil bahwa nilai torsi dan daya terbesar adalah pada bahan bakar premium+1 pada kecepatan putaran 6000 rpm yaitu 8,32 Nm dan 7,01 HP. Sedangkan pada pengujian sfc nilai erkecil adalah pada bahan bakar premium murni pada kecepatan putaran 5500 rpm yaitu 43,461g/kWh.