Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses, respon siswa dan peningkatan siswa dalam pemahaman membaca dan keterampilan menulis setelah belajar teks narasi dengan menggunakan web e-learning schoology di kelas sepuluh SMAN 14 Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif dengan menerapkan desain penelitian tindakan kelas. Peneliti mengamati dan memberikan perlakuan untuk meningkatkan pemahaman membaca dan keterampilan menulis siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama, peneliti memberikan topik teks narasi tentang legenda Malin Kundang. Peneliti memutuskan untuk melakukan siklus kedua karena peneliti masih menemukan masalah pada siklus pertama. Pada siklus kedua, peneliti memberikan topik teks recount tentang legenda Timun Mas. Selanjutnya, peneliti menggunakan lembar pengamatan dan dokumentasi untuk mengumpulkan data kualitatif. Selain itu peneliti juga menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan post�test untuk mengumpulkan data kuantitatif. Hasilnya, proses pengajaran teks narasi dengan menggunakan schoology e-learning web lebih efektif, menarik dan menyenangkan bagi para siswa. Para siswa menjawab dan mengerjakan tugas�tugas yang diberikan dengan segera. Hal itu disebabkan oleh penggunaan fitur di schoology e-learning web yang membangkitkan rasa ingin tahu siswa dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis yang disediakan di web, apalagi fitur-fitur tersebut membuat mereka fokus pada pelajaran yang diberikan di kelas online dan memiliki keterlibatan yang baik. Akibatnya, Hal itu mempengaruhi pencapaian skor mereka baik dalam pemahaman membaca dan keterampilan menulis. Nilai rata-rata siswa yang diperoleh dalam Pre-tes pada membaca adalah 62,8 dan keterampilan menulis adalah 55,8. skor rata-rata Post-tes 1 meningkat menjadi 77,2 pada pemahaman membaca dan 71,5 pada keterampilan menulis. Hasil Post-test 2 menunjukkan skor rata-rata pemahaman membaca siswa meningkat menjadi 83,3 dan 76,9 pada keterampilan menulis terutama dalam teks naratif. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan schoology e-learning web selama periode pembelajaran online berhasil meningkatkan siswa; pemahaman dan keterampilan menulis di kelas sepuluh SMAN 14 Kota Tangerang.