PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK INSTRUKTUR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KURSUS BAHASA INGGRIS DI LKP SIGMA KOTA SERANG
Daftar Isi:
- Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara pendidik dan peserta didik. Interaksi yang bernilai edukatif ini dikarenakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan berupaya untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan sebelum proses pembelajaran dilakukan. Adapun peningkatan motivasi dan hasil yang dicapai peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pendidik merupakan salah satu faktor eksternal pembelajaran yang sangat mempengaruhi keberhasilan dari kegiatan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Signifikansi Pengaruh Kompetensi Pedagogik Instruktur terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kursus Bahasa Inggris di LKP Sigma Kota Serang. 2) Untuk Mengetahui Signifikansi Pengaruh Kompetensi Pedagogik Instruktur terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kursus Bahasa Inggris di LKP Sigma Kota Serang. 3) Untuk Mengetahui Signifikansi Pengaruh Kompetensi Pedagogik Instruktur terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kursus Bahasa Inggris di LKP Sigma Kota Serang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di LKP Sigma Kota Serang. Dengan jumlah 55 peserta didik dan sampel penelitian yang berjumlah 22 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan ialah statsitik deskriptif dan analisis inferensial dengan pengujian korelasi dan regresi sederhana. Berdasarkan teknik analisis data deskriptif, menunjukan bahwa ketiga variabel penelitian berada pada kategori sedang. Sedangkan hasil analisis inferensial dengan terlebih dahulu mengujikan korelasi menunjukan bahwa nilai koefesien korelasi variabel X sebesar 0,51, variabel Y1 sebesar 0,31, dan variabel Y2 sebesar 1,00. Yang menunjukan bahwa setiap variabel menunjukan hubungan yang sedang. Kemudian berdasarkan uji regresi di dapat nilai koefesien regresi variabel X terhadap variabel Y1 sebesar 0,72, sedangkan untuk nilai koefesien regresi untuk variabel X terhadap variabel Y2 sebesar 0,01. Yang artinya terdapat pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y1 dan Y1. Untuk signifikansi pengaruh variabel X terhadap Y1 di dapat nilai koefesien signifikansi sebesar 0,006 (0,6%). Sedangkan untuk taraf signifikansi dari variabel X terhadap variabel Y2 adalah sebasar 0,268 (26,8%).