PENERAPAN METODE IQRO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN KELOMPOK TK A (Penelitian Kualitatif di Play Group & Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Villa Madani, Kota Cilegon Provinsi Banten)

Main Author: Suhena, Suhena
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/14890/1/COVER.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14890/2/BAB%20I.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14890/3/BAB%20II.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14890/4/BAB%20III.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14890/5/BAB%20IV.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14890/6/BAB%20V.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14890/7/DAFTAR%20PUSAKA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14890/
Daftar Isi:
  • Metode Iqro’ adalah suatu metode membaca Al-Qur'an yang menekankan langsung pada latihan membaca. Metode Iqro’ ini dianggap sangat praktis dan mudah dipelajari terutama untuk anak-anak sehingga mereka dapat mudah mengenal huruf-huruf hijahiyyah dengan mudah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 8 anak. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan cara perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, member check, analisis kasus, diskusi teman sejawat, dan kecukupan referensial. Hasil analisis data menyatakan bahwa: 1) penerapan metode Iqro’ dalam meningkatkan kemampuan membaca di PG & TKIT Villa Madani, Cilegon-Banten sudah berjalan baik. 2) kemampuan membaca Al-Qur’an terutama awal huruf hijaiyyah anak usia 4-5 tahun di TKIT Villa Madani, Cilegon belum berjalan dengan baik.