PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI MODEL INTERVENING (Studi empiris pada Perusahaan Manufaktur SubSektor Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2018)

Main Author: Chintya, Farahghina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/14810/1/COVER.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14810/2/BAB%201.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14810/3/BAB%202.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14810/4/BAB%203.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14810/5/BAB%205.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14810/6/BAB%204.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14810/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14810/8/LAMPIRAN.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14810/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan sebagai variabel dependen dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan sub sektor Food and Beverages yang terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia periode 2009 - 2018. Pada penelitian ini, profitabilitas di proksikan dengan Net Profit Margin (NPM), struktur modal akan di proksikan dengan Debt to Asset Ratio (DAR), dan nilai perusahaan akan di proksikan dengan Tobin‟s Q. Populasi yang digunakan pada penelitian ini merupakan seluruh perusahaan sub sektor Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 – 2018. Sampel penelitian ini berjumlah 10 perusahaan dari total populasi sebanyak 28 perusahaan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Pada penelitian ini menggunakan jenis analisis jalur (Path Analysis) untuk menganalisis data penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (2) Struktur Modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (3) Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Modal, (4) Struktur Modal tidak mampu memediasi hubungan pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan.