PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Intelligence Quotient (IQ) dan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) terhadap hasil belajar matematika siswa SMA se-Kota Serang di kelas XI, berjumlah 173 siswa. Metode yang gunakan adalah motode survei dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian, yaitu variabel bebas meliputi Intelligence Quotient (IQ) dan Emotional Spiritual Quotient (ESQ), dan hasil belajar matematika siswa sebagai variabel terikat yang dipengaruhi variabel bebas. Instrumen yang digunakan diantaranya angket ESQ, portofolio hasil tes IQ siswa dan nilai UAS genap mata pelajaran matematika wajib siswa ketika kelas X. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji linieritas, uji asumsi klasik berupa uji multikoliniritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedatisitas, lalu dilakukan uji hipotesis berupa uji analisis regresi sederhana dan uji analisis regresi berganda (dua jalur). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Intelligence Quotient (IQ) dan hasil belajar matematika siswa SMA yaitu dengan ditolaknya H0 karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05, terdapat pengaruh yang positif antara Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dan hasil belajar matematika siswa SMA, yaitu dengan ditolaknya H0, karena nilai signifikansi 0,008 < 0,05, dan terdapat pengaruh yang positif antara Intelligence Quotient (IQ), Emotional Spiritual Quotient (ESQ) dan hasil belajar matematika siswa SMA, yaitu dengan ditolaknya H0 karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan Fhitung 11,506 > Ftabel 3,05. Besarnya pengaruh IQ dan ESQ terhadap hasil belajar matematika sebesar 11,9%.