Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan persepsi terhadap minat menabung di bank syariah pada mahasiswa ekonomi syariah Untirta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan ekonomi syariah untirta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stratified random sampling diperoleh sebanyak 67 Mahasiswa. Tehnik pengumpulan data menggunaka kuesioner dengan pengkuruan skala likert. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dengan uji pasrial (Uji t) dan uji simultan (F) dengan bantuan software IBM SPSS Statistik 23. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah religiusitas dan persepsi, sedangkan variable terikatnya adalah minat menabung. Dalam hasil perhitungan IBM SPSS Statistik 23 hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji linier berganda diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y= 4,332 + 0,340 x1 + 0,379 x2+ e hasil tersebut menyatakan bahwa variable Religiusitas (X1) mempunyai pengaruh sebesar 0,340 terhadap minat Menabung (Y) sedangkan variabel Persepsi (X2) mempunyai pengaruh sebesar 0,379 terhadap minat menabung (Y). Dari hasil uji t nilai thitung variable religiusitas sebesar 2,330 dan variabel persepsi sebesar 3,514 dengan nilai ttabel (N=67) sebesar 1,997, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial variabel religiusitas (X1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat menabung (Y),dan persepsi (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat menabung (Y). hasil uji F nilai Fhitung sebesar 11,995 hasil ini lebih besar dari Ftabel sebesar 3,14, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa secara simultan variabel Religiusitas (X1) dan Persepsi (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat menabug (Y). Kemudian koefisien determinasi (R square) menunjukan bahwa religiusitas dan persepsi mempunyai pengaruh terhadap minat menabung sebesar 27,3 %, sedangkan sisanya 72,7 % dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam penelitian ini.