Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian autentikkonsep ekosistem. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalampenelitian ini dibatasi sampai tahap revisi ahli. Instrumen penilaian autentik yang dikembangkan adalah penilaian aspek kognitif berupa instrumen penilaian lembar diskusi kelompok (LDK), post test, dan ulangan harian; penilaian aspek psikomotorik berupa instrumen penilaian laporan hasil pengamatan ekosistem, poster ekosistem, dan jurnal belajar; penilaian aspek afektif berupa lembar observasi yang digunakan untuk menilai sikap kerja sama dan tanggung jawab. Kaidah dalam penyusunan instrumen harus memenuhi syarat kelayakan baik ranah konstruksi, materi, maupun ranah bahasa. Berdasarkan uji ahli evaluasi dan ahlimateri serta guru biologi, instrumen penilaian autentik konsep ekosistem yang dikembangkan memperoleh nilai kelayakan ranah konstruksi 85,43%, ranah materi85,42%, dan ranah bahasa 93,1% pada seluruh aspek penilaian. Secara keseluruhaninstrumen penilaian autentik konsep ekosistem memperoleh nilai kelayakan sebesar 87,98% dengan kategori sangat layak sehingga dapat digunakan secara luas olehguru biologi kelas X di sekolah.