PENGARUH PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 1 KIBIN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan komik sebagai media pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi pokok sistem ekskresi di SMA Negeri 1 Kibin. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kibin. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Simple Random Sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen yang digunakan berupa tes kognitif dalam bentuk soal uraian, lembar observasi psikomotorik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis penelitian ini diperoleh untuk ranah kognitif dan ranah psikomotorik yaitu 0,000 dengan taraf signifikansi <0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan komik terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotorik siswa.