PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERJALAN DIATAS PAPAN TITIAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD BINA BANGSA ISLAMIC SCHOOL
Main Author: | HUDA, NURUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/14634/1/COVER.pdf https://eprints.untirta.ac.id/14634/2/BAB%201.pdf https://eprints.untirta.ac.id/14634/3/BAB%202.pdf https://eprints.untirta.ac.id/14634/4/BAB%203.pdf https://eprints.untirta.ac.id/14634/5/BAB%204.pdf https://eprints.untirta.ac.id/14634/6/BAB%205.pdf https://eprints.untirta.ac.id/14634/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf https://eprints.untirta.ac.id/14634/8/LAMPIRAN.pdf https://eprints.untirta.ac.id/14634/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan motorik kasar anak di PAUD BINA BANGSA Serang masih rendah, kemampuan anak-anak dalam pembelajaran motorik kasar sangat kurang karna kurang adanya kemandirian dan kepercayaan diri. Proses belajar mengajar yang dilakukan untuk mengembangkan motorik kasar anak hanya dengan berjalan diatas papan titian. Pembelajaran berjalan diatas papan titian ini diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam aspek motorik kasar dan aspek sosial emosional di PAUD Bina Bangsa Serang. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaiyu siklus I dan siklus II. Siklus I terdiri 8 kali pertemuan melakukan gerakan berjalan diatas papan titian dibantu oleh guru, dan siklus II terdiri dari 4 kali pertemuan melakukan gerakan berjalan diatas papan titian dibantu oleh guru. Subjek peneletian ini adalah anak kelompok A di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang dengan jumlah murid 10 anak, 3 anak perempuan 7 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif. Dengan kriteria keberhasilan tindakan rata-rata 65% anak mengalamin peningkatan dalam motorik kasar.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran berjalan diatas papan titian dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A Di PAUD Bina Bangsa Seran.Peningkatan rata-rata sebelum diberikan tindakan 37%, setelah diberikan tindakan pada siklus I menjadi 56% dan pada siklus II menjadi 82%. Dengan demekian, motorik kasar anak sudah meningkat dan berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran berjalan diatas papan titian dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di PAUD Bina Bangsa Islamic School Serang.