PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Penelitian Kuantitatif Ex-Post Facto pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Kelurahan Ciakar Kabupaten Tangerang Banten)

Main Author: PUTRI DANELA, SALMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/14629/1/COVER.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14629/2/BAB%201.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14629/3/BAB%202.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14629/4/BAB%204.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14629/5/BAB%205.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14629/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14629/7/LAMPIRAN.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/14629/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak�kanak Kelurahan Ciakar Kabupaten Tangerang Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Ex-Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 79 guru. Jumlah sampel yang diambil berdasarkan teknik Purposive Sampling yaitu 34 guru kelompok B di Taman Kanak- kanak Kelurahan Ciakar Kabupaten Tangerang Banten yang sudah teakreditasi A. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis yang diolah dengan bantuan program SPSS 22.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak- kanak Kelurahan Ciakar Kabupaten Tangerang Banten. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0,005 < 0,05yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan saintifik yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Kelurahan Ciakar Kabupaten Tangerang Banten.