PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Main Author: | LUVITASARI FIRDAUSI, CHAERUNNISA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/14600/1/FILE%20TIDAK%20BISA%20DIPECAH.pdf https://eprints.untirta.ac.id/14600/ |
Daftar Isi:
- Penyusunan perangkat pembelajaran merupakan tahap awal dalam pembelajaran yang menguraikan secara rinci kompetensi yang akan dicapai peserta didik . Namun model pembelajaran yang digunakan belum dapat mengatasi permasalahan dalam pembelajaran kimia , salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi yaitu model Auditory Intellectually and Repetition ( AIR ) . Tujuan penelitian ini ialah mengembangkan perangkat pembelajaran model AIR pada materi larutan penyangga serta untuk mengetahui angket respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik pada model AIR pada materi larutan penyangga . Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini disusun dengan mengikuti tahapan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan , yaitu analisis ( analyze ) , perancangan ( design ) , pengembangan ( develop ) , implementasi ( implement ) dan evaluasi ( evaluate ) , LKPD yang dihasilkan dalam penelitian ini diujicobakan dengan teknik sampling proportionate random sampling mendapatkan respon baik dari peserta didik dan memperoleh rata - rata 83 % yang termasuk ke dalam kriteria sangat baik