Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning dengan media match card terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Bojonegara kelas XI Semester II tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Bojonegara dengan sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis data menggunakan uji independent sample T-Test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai dengan signifikansi 0,00 < (α 0,05). Hal ini menunjukkan adanya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,1 dengan kategori baik, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 67,233 dengan kategori cukup. Persentase nilai rata-rata kemampuan psikomotor siswa pada kelas eksperimen sebesar 87,45% dengan kategori sangat baik, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 84% dengan kategori baik. Kesimpulannya bahwa penggunaan model discovery learning dengan media match card dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koloid di SMA N 1 Bojonegara