Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa hiperbola yang digunakan dalam slogan iklan minuman teh dan kopi di televisi, dan makna yang terkandung dalam slogan iklan. Subjek penelitian adalah slogan iklan minuman teh dan kopi yang ditayangkan pada saluran televisi yakni RCTI, SCTV, ANTV, TRANS TV, TRANS 7, dan NET. Objek penelitian adalah gaya bahasa hiperbola yang terdapat pada slogan iklan minuman teh dan kopi. Data diperoleh dari slogan iklan produk minuman teh dan kopi di televisi yang berupa frasa, kalimat dan gambar iklan produk minuman. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif, yaitu dari yang berupa kata-kata tertulis, lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan dan teknik catat. Instrumen penelitian adalah human instrument. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat gaya bahasa hiperbola yang terdiri dari 31 gaya bahasa hiperbola, dan 16 makna kias, 9 makna denotatif, 3 makna leksikal, 1 makna gramatikal, 2 makna konseptual. Gaya bahasa hiperbola banyak digunakan dalam iklan minuman. Penyusun iklan menggunakan gaya bahasa hiperbola dengan tujuan untuk memperindah tulisan supaya menarik dan untuk menekankan pesan iklan supaya dapat diterima konsumen. Makna semantik dalam iklan dapat diperoleh-oleh peneliti dengan menggunakan teori bahasa tentang semantik serta melihat iklan secara keseluruhan dengan seksama.