PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA PEMIKIRAN BUKTI ILMIAH (LEVEL 5) DAN PENALARAN ILMIAH TINGKAT LANJUT (LEVEL 6) SISWA SMA/MA SE�PROVINSI BANTEN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains pada pemikiran bukti Ilmiah (level 5) dan penalaran ilmiah tingkat lanjut (level 6) siswa SMA/MA Se-Provinsi Banten. Metode yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA/MA se-Provinsi Banten, dengan jumlah responden 320 siswa yang berasal dari 16 sekolah mewakili kabupaten/kota di Banten. Pengupulan data dilakukan dengan cara tes dan non tes, instrumen yang digunakan yaitu instrumen soal literasi sains, angket siswa dan angket guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa pada pemikiran bukti ilmiah (level 5) termasuk dalam kategori sangat rendah dengan rata-rata skor yaitu 161,95, sedangkan untuk kemampuan literasi sains pada penalaran ilmiah tingkat lanjut (level 6) termasuk dalam kategori sangat rendah dengan rata-rata skor 143,93.