PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) LEVEL MENCIPTA (CREATE) PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA SE-PROVINSI BANTEN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir tingkat tinggi level mencipta mata pelajaran biologi siswa SMA se-Provinsi Banten dan perbandingan kemampuan mencipta siswa setiap kabupaten/kota se-Provinsi Banten. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan fenomenologi dan pengambilan sampel sekolah dengan teknik random sampling di 8 kota atau kabupaten Provinsi Banten pada bulan Maret-Oktober tahun 2020. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa level mencipta di Provinsi Banten adalah 6,8 yang termasuk dalam kategori sangat kurang. Dilihat dari setiap kabupaten/kota perolehan tertinggi adalah kota Cilegon sebesar 17,5 dan terendah kabupaten Serang 1,39. Proses pembelajaran yang belum melakukan pendekatan HOTS dan belum terbiasa memberikan siswa dengan soal-soal berpikir tingkat tinggi membuat siswa merasa kesulitan untuk menyelesaikan permasalahan dari soal yang dihadapi