PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RANGKAIAN KELISTRIKAN DASAR PADA MATA KULIAH LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DASAR DI JURUSAN PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK MESIN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh produk media pembelajaran Rangkaian kelistrikan dasar untuk menunjang proses pembelajaran mata kuliah Listrik & Elektronika Dasar, (2) mengetahui analisis kelayakan media pembelajaran hasil validasi dari ahli materi, ahli media dan respon pengguna. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model 4-D (Four D), yang terdiri dari 4 tahapan prosedur pengembangan diantaranya: (1) Define, (2) Design, (3) Develop dan (4) Disseminate. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 3 ahli materi, 3 ahli media dan 30 respon pengguna media pembelajaran. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan penyebaran lembar validasi menggunakan skala likert 1-4 data hasil dari penelitian lalu dianalisis memakai teknik analisis deskriptif kuantitatif. Dari data hasil analisis dalam penelitian ini kemudian disimpulkan: (1) memperoleh produk media pembelajaran Rangkaian Dasar Kelistrikan untuk menunjang proses pembelajaran mata kuliah Listrik & Elektronika Dasar yang disesuaikan dengan RPS dan SKKNI serta (2) mendapat kategori sangat layak oleh ahli media sebesar “91,58%”, ahli materi “83,06%” kategori sangat layak dan uji coba kepada respon pengguna memperoleh “83,97%” media pembelajaran ini dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Secara keseluruhan media pembelajaran memperlihatkan hasil penilaian sangat layak, berarti media pembelajaran yang telah dibuat layak dan mampu digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Listrik dan Elektronika Dasar.