Daftar Isi:
  • Penelitian di latar belakangi oleh adanya permasalahan kedisiplinan belajar siswa SMP Negeri di Kota Serang. Tujuan Penelitian adalah untuk melihat tingkat kedisiplinan belajar siswa, kemudian membuat rancangan rekomendasi program untuk mengembangkan kedisiplinan belajar khususnya pada siswa klas VIII SMP Negeri se-kota Serang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan sampel penelitian 182 siswa. Penelitian ini mengenai kedisiplinan belajar, dilakukan dengan melihat dari delapan sub indikator yaitu patuh dan taat terhadap tata tertib di sekolah, persiapan belajar, perhatian terhadap kegiatan pembelajaran, menyelesaikan tugas pada waktunya, mempunyai rencana atau jadwal belajar, belajar dalam tempat dan suasana yang mendukung, ketaatan dan keteraturan dalam belajar, perhatian terhadap materi pelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar instrumen penelitian berupa angket dengan 34 jumlah item sesuai dengan sub indikator kedisiplinan belajar sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kedisiplinan belajar yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri se-kota Serang berada pada kategori sedang dengan persentase 79%, Penyumbang terbesar terhadap tingkat kedisiplinan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri se-Kota Serang bersumber dari indikator kedisiplinan belajar diisekolah dengan sub indikator patuh dan taat terhadap tata tertib belajar di sekolah, dan perhatian terhadap kegiatan pembelajaran pada kategori sedang yaitu sebesar 76%. Maka rancangan rekomendasi program dibuat sesuai dengan kebutuhan yang diketahui dari hasil penelitian yang telah didapat