PENGARUH LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Perusahaan Sub Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018)
Daftar Isi:
- Tania Nurfairuza / 5551160143 / Skripsi / Pengaruh Leverage Terhadap Profitabilitas Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Perusahaan Sub Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018).” / Dibawah bimbingan Dr. H. Akhmadi, S.E., M.M. dan Emma Suryani, SE., MM. / Jurusan Manajemen / Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Universitas Sultan Ageng Tirtayasa / 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi profitabilitas, faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pegaruh leverage dan ukuran perusahaan dalam perusahaan sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2009- 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Data Sekunder. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2009-2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan bantuan software SPSS 22.0 menunjukkan bahwa : (1) Leverage berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan , (2) Ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh leverage terhadap profitabilitas perusahaan.