REPRESENTASI NASIONALISME DALAM FILM MERAH PUTIH (Analisis Semiotika Roland Barthes)
Main Authors: | Ineke Widhiastuti, Christina, Panji, Yearry, Yuliana, Nina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/144/1/SKRIPSI%20KOM%20CHRISTINA%20INEKE%20WIDHIASTUTI%20-%206662072924.pdf http://eprints.untirta.ac.id/144/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Nasionalisme dalam Film Merah Putih (Analisis Semiotika Roland Barthes). Program Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2012. Film berperan sebagai sarana baru yang digunakan untuk menyebarkan hiburan yang sudah menjadi kebiasaan terdahulu, serta menyajikan cerita, peristiwa, musik, drama, lawak, dan sajian teknis lainnya kepada masyarakat umum. Film Merah Putih merupakan bagian pertama dari Trilogi kemerdekaan yang berlatar sejarah otentik perjuangan Indonesia untuk kemerdekaan pada tahun 1947. Film Merah Putih juga merupakan film layar lebar pertama bergenre perang tentang kemerdekaan Indonesia dengan produksi bergaya Hollywood blockbuster. Perubahan zaman membuat sikap kenasionalismean masyarakat saat ini sudah mengalami pendangkalan makna. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi nasionalisme yang ada dalam film Merah Putih. Penelitian ini berdasarkan pada teori semiotika Roland Barthes yang menganalisis secara dua tahap, yaitu tahap denotasi dan tahap konotasi. Makna denotasi dimengerti sebagai makna harfiah atau makna yang sesungguhnya. Sedangkan makna konotasi adalah makna yang tersembunyi atau secara implisit terdapat dalam film tersebut. Unit analisis yang dipakai dalam penelitian ini yaitu film Merah Putih yang digunakan secara keseluruhan sebagai objek penelitian yang akan diteliti yang terkait dengan segala sesuatu yang tampil di kamera, baik penampilan pemain film, suara, dan desain produksi (lokasi, properti, dan kostum), serta sinematografi yang berkaitan dengan penempatan kamera dalam film. Dari penelitian ini secara denotasi film Merah Putih menceritakan perjuangan para tentara Indonesia yang berperang mati-matian melawan penjajah demi mempertahankan Indonesia. Sedangkan secara konotasi ditemukan bahwa pemahaman nasionalisme masih diartikan secara dangkal. Nasionalisme masih terbatas pada bendera Merah Putih, lagu kebangsaan, senjata, bambu runcing, ataupun perang. Film ini bisa dijadikan pembelajaran bagi kita untuk lebih memaknai lagi bagaimana nasionalisme yang dibutuhkan bangsa ini sekarang. Tidak luput dari semuanya, penelitian ini diharapkan dapat menambah dan memberikan sumbangan pemikiran, serta dapat bermanfaat untuk pengembangan studi ilmu komunikasi. Kata Kunci : Merah Putih, nasionalisme, semiotika, representasi film