PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH COMMUNICATION MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN DOMESTIK MENGUNJUNGI PULAU PEUCANG DI KABUPATEN PANDEGLANG
Main Authors: | ROIHAH, SITI ROIFATUL, Winangsih, Rahmi, Septa, Ronny Yudhi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/1410/1/PENGARUH%20ELECTRONIC%20WORD%20OF%20MOUTH%20COMMUNICATION%20MELALUI%20MEDIA%20SOSIAL%20INSTAGRAM%20TERHADAP%20KEPUTUSAN%20WISATAWAN%20DOMESTIK%20MENG~1.pdf http://eprints.untirta.ac.id/1410/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Siti Roifatul Roihah. NIM. 6662111854. Skripsi. Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) Melalui Media Sosial Instragram terhadap Keputusan Wisatawan Domestik Mengunjungi Pulau Peucang di Kabupaten Pandeglang. Pembimbing I : Dr. Rahmi Winangsih, M.Si dan Pembimbing II : Ronny Yudhi, SP., M.Si. Dewasa ini wisata telah menjadi bagian dari kebutuhan hidup. Informasi mengenai suatu objek wisata dapat diperoleh melalui berbagai cara salah satunya dari pengalaman individu lain melalui electronic word of mouth (e-WOM) melalui Media Sosial Instagram. Oleh sebab itu, tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh word of mouth intensity, positive valence word of mouth, dan word of mouth content secara parsial dan simultan terhadap keputusan wisatawan domestik mengunjungi objek wisata Pulau Peucang di Kabupaten Pandeglang. Populasi pada penelitian ini adalah individu yang pernah melakukan kunjungan wisatawan di Taman Nasional Ujung Kulon Pulau Peucang Kabupaten Pandeglang. Peneliti menggunakan metode sampel non probabilitas dengan teknik purposive sampling, dan sampel yang digunakan sebanyak 120 orang. Sedangkan, pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) word of mouth intensity memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan domestik mengunjungi Pulau Peucang di Kabupaten Pandeglang; 2) Positive valence word of mouth melalui media sosial instragram memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan domestik mengunjungi Pulau Peucang di Kabupaten Pandeglang; 3) word of mouth content melalui media sosial instagram memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan domestik mengunjungi Pulau Peucang di Kabupaten Pandeglang; 4) Word of mouth intensity, positive valence word of mouth dan word of mouth content melalui sosial media instagram secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan domestik mengunjungi Pulau Peucang di Kabupaten Pandeglang. Dengan demikian, keseluruhan hipotesis yang diajukan pada penelitian ini terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Electronic Word Of Mouth, Word Of Mouth Intensity, Positive Valence Word Of Mouth, Word Of Mouth Content, Instagram, Keputusan Berkunjung.