PERSEPSI KOMUNITAS PERSEKUTUAN MAHASISWA KRISTEN DI UNTIRTA TERHADAP PRODUK KOSMETIK BERLABEL HALAL (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Komunkasi Interpersonal dalam Proses Pembentukan Presepsi terhadap Produk Kosmetik Berlabel Halal)

Main Authors: SUMANTO, SUMANTO, Sihabudin, Ahmad, Prasetya, Teguh Iman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1405/1/PERSEPSI%20KELOMPOK%20MASYARAKAT%20NON%20MUSLIM%20TERHADAP%20PRODUK%20KOSMETIK%20BERLABEL%20HALAL%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1405/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • SUMANTO. NIM. 6662131739. PERSEPSI KOMUNITAS PERSEKUTUAN MAHASISWA KRISTEN DI UNTIRTA TERHADAP PRODUK KOSMETIK BERLABEL HALAL (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Komunkasi Interpersonal dalam Proses Pembentukan Presepsi terhadap Produk Kosmetik Berlabel Halal). Pembimbing I: Prof. Dr. H. Sihabudin, M.Si., dan Pembimbing II: Teguh Iman Prasetya, SE., M.Si. Kesadaran masyarakat terhadap suatu yang halal kini terus meningkat. Dan pemahaman tidak lagi hanya soal makanan dan minuman untuk dikonsumsi, tapi menyangkut wisata halal, fashion halal, kosmetik halal dan lainnya. Hal ini berpengaruh pada peningkatan permintaan produk halal dan munculnya beragam produk halal dipasaran. Konsumen semakin kritis dan pemilih terhadap produk-produk kosmetik yang akan dipakainya. Kesadaran terhadap produk halal ini tidak hanya terjadi dikalangan muslim saja melainkan juga dikalangan non-muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana masyarakat non-muslim khususnya Persekutuan Mahasiswa Kristen Untirta dalam menggambarkan presepsi mereka terhadap produk kosmetik halal. Peneliti menjabarkan atribut-atribut apa saja yang melekat pada produk kosmetik halal, hingga bagaimana mereka menerima pesan mengenai produk halal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan Focus Group Discussion untuk memahami persepsi dari para responden serta mengumpulkan informasi mengenai kosmetik halal. Berdasarkan penelitian ini peneliti menemukan bahwa adanya peran komunikasi interpersonal dalam pembentukan persepsi PMK di Untirta terhadap kosmetik berlabel halal. PMK di Untirta mempersepsikan kosmetik halal sebagai kosmetik yang tidak mengandung babi, dapat digunakan muslim, sesuai dengan aturan MUI, yang diakui BPOM, kosmetik anak – anak dan kosmetik lokal. Serta atribut-atribut yang melekat pada produk halal menurut PMK di Untirta adalah hijabers, packaging hijau, label halal MUI, kualitas terjamin, sederhana, cerdas, aman, muslim, nomor BPOM. Kategori : Persepsi, Komunikasi Interpersonal, Labelisasi Halal, Kosmetik Halal, Atribut Kosmetik Halal