Membangun Kemandirian Pangan Melalui Manajemen Komunikasi Pemasaran Sate Bandeng Sebagai Produk Unggulan Kota Serang

Main Authors: Winangsih, Rahmi, Widyastuti, Nurprapti Wahyu, Widyastuti, Yeni
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Jember , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13897/1/17%20membangun%20kemandirian%20pangan%20melalui%20manajemen%20komunikasi%20pemasaran%20sate%20bandeng%20sebagai%20produk%20unggulan%20kota%20serang.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13897/2/Peer%20Review%20Membangun%20Kemandirian%20Pangan.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13897/
ctrlnum 13897
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.untirta.ac.id/13897/</relation><title>Membangun Kemandirian Pangan Melalui Manajemen Komunikasi Pemasaran Sate Bandeng Sebagai Produk Unggulan Kota Serang</title><creator>Winangsih, Rahmi</creator><creator>Widyastuti, Nurprapti Wahyu</creator><creator>Widyastuti, Yeni</creator><subject>Communication (General)</subject><description>Kuliner sate bandeng memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai komoditas pasar. Kuliner ini awalnya hanya dapat dikemas dalam bentuk kemasan dus yang hanya bertahan selama 2-3 hari saja. Namun saat ini, sate bandeng dapat dikemas untuk jangka waktu yang lebih lama, yakni 10 bulan dengan kemasan foil melalui proses penggunaan mesin vacum. Dengan adanya metode pengemasan ini, sate bandeng memiliki potensi yang lebih luas sebagai komoditas pasar sebagai oleh-oleh karena lebih tahan lama. Kota Serang dapat mengembangkan kuliner yang satu ini karena memiliki potensi pasar, daya jual beli, dan komoditas pasar lebih luas sebagai oleh-oleh. Pelaku UKM sate bandeng akan diberikan pengetahuan mengenai branding. Pengetahuan dan pendidikan mulai dari kemasan produk, sampai pada cara memasarkan produk, baik yang konvensional maupun yang online. Sesuai dengan perkembangan ilmu komunikasi pemasaran, saat ini media sosial, Media sosial mampu memberikan solusi bagi permasalahan tingginya biaya pemasaran Peningkatan kualitas dan kuantitas produk sate bandeng yang tetap terjaga, selain dapat dilakukan melalui berbagai pelatihan dan pendampingan, juga publikasi yang cukup untuk membantu perluasan pasar. Promosi seefisien mungkin, dengan biaya promosi yang tidak mahal namun mampu menyentuh pasar dengan jumlah yang tak terhingga banyaknya. Era sekarang cara ini sudah menjadi model komunikasi pemasaran yang banyak digunakan penguasaha, murah dan menguntungkan. Oleh karena itu, metode komunikasi pemasaran digital atau online perlu menjadi pendekatan yang dapat diaplikasikan oleh para pengusaha, dengan catatan tetap menjamin kualitas dan kuantitas produk, agar konsumen tidak kecewa.</description><publisher>Universitas Muhammadiyah Jember</publisher><date>2019-06-01</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.untirta.ac.id/13897/1/17%20membangun%20kemandirian%20pangan%20melalui%20manajemen%20komunikasi%20pemasaran%20sate%20bandeng%20sebagai%20produk%20unggulan%20kota%20serang.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.untirta.ac.id/13897/2/Peer%20Review%20Membangun%20Kemandirian%20Pangan.pdf</identifier><identifier> Winangsih, Rahmi and Widyastuti, Nurprapti Wahyu and Widyastuti, Yeni (2019) Membangun Kemandirian Pangan Melalui Manajemen Komunikasi Pemasaran Sate Bandeng Sebagai Produk Unggulan Kota Serang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 5 (1). pp. 105-114. ISSN 2528--116X </identifier><recordID>13897</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Winangsih, Rahmi
Widyastuti, Nurprapti Wahyu
Widyastuti, Yeni
title Membangun Kemandirian Pangan Melalui Manajemen Komunikasi Pemasaran Sate Bandeng Sebagai Produk Unggulan Kota Serang
publisher Universitas Muhammadiyah Jember
publishDate 2019
topic Communication (General)
url https://eprints.untirta.ac.id/13897/1/17%20membangun%20kemandirian%20pangan%20melalui%20manajemen%20komunikasi%20pemasaran%20sate%20bandeng%20sebagai%20produk%20unggulan%20kota%20serang.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13897/2/Peer%20Review%20Membangun%20Kemandirian%20Pangan.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13897/
contents Kuliner sate bandeng memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai komoditas pasar. Kuliner ini awalnya hanya dapat dikemas dalam bentuk kemasan dus yang hanya bertahan selama 2-3 hari saja. Namun saat ini, sate bandeng dapat dikemas untuk jangka waktu yang lebih lama, yakni 10 bulan dengan kemasan foil melalui proses penggunaan mesin vacum. Dengan adanya metode pengemasan ini, sate bandeng memiliki potensi yang lebih luas sebagai komoditas pasar sebagai oleh-oleh karena lebih tahan lama. Kota Serang dapat mengembangkan kuliner yang satu ini karena memiliki potensi pasar, daya jual beli, dan komoditas pasar lebih luas sebagai oleh-oleh. Pelaku UKM sate bandeng akan diberikan pengetahuan mengenai branding. Pengetahuan dan pendidikan mulai dari kemasan produk, sampai pada cara memasarkan produk, baik yang konvensional maupun yang online. Sesuai dengan perkembangan ilmu komunikasi pemasaran, saat ini media sosial, Media sosial mampu memberikan solusi bagi permasalahan tingginya biaya pemasaran Peningkatan kualitas dan kuantitas produk sate bandeng yang tetap terjaga, selain dapat dilakukan melalui berbagai pelatihan dan pendampingan, juga publikasi yang cukup untuk membantu perluasan pasar. Promosi seefisien mungkin, dengan biaya promosi yang tidak mahal namun mampu menyentuh pasar dengan jumlah yang tak terhingga banyaknya. Era sekarang cara ini sudah menjadi model komunikasi pemasaran yang banyak digunakan penguasaha, murah dan menguntungkan. Oleh karena itu, metode komunikasi pemasaran digital atau online perlu menjadi pendekatan yang dapat diaplikasikan oleh para pengusaha, dengan catatan tetap menjamin kualitas dan kuantitas produk, agar konsumen tidak kecewa.
id IOS3442.13897
institution Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
institution_id 89
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
library_id 598
collection Repository Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
repository_id 3442
subject_area Administrasi Negara dan Militer
Akuntansi
Arsitektur
city KOTA SERANG
province BANTEN
repoId IOS3442
first_indexed 2023-03-04T21:43:39Z
last_indexed 2023-04-29T09:38:51Z
recordtype dc
_version_ 1764503533788332032
score 17.538404