Membangun Kemandirian Pangan Melalui Manajemen Komunikasi Pemasaran Sate Bandeng Sebagai Produk Unggulan Kota Serang
Main Authors: | Winangsih, Rahmi, Widyastuti, Nurprapti Wahyu, Widyastuti, Yeni |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Jember
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13897/1/17%20membangun%20kemandirian%20pangan%20melalui%20manajemen%20komunikasi%20pemasaran%20sate%20bandeng%20sebagai%20produk%20unggulan%20kota%20serang.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13897/2/Peer%20Review%20Membangun%20Kemandirian%20Pangan.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13897/ |
ctrlnum |
13897 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.untirta.ac.id/13897/</relation><title>Membangun Kemandirian Pangan Melalui Manajemen Komunikasi Pemasaran Sate Bandeng Sebagai Produk Unggulan Kota Serang</title><creator>Winangsih, Rahmi</creator><creator>Widyastuti, Nurprapti Wahyu</creator><creator>Widyastuti, Yeni</creator><subject>Communication (General)</subject><description>Kuliner sate bandeng memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai komoditas pasar. Kuliner ini awalnya hanya dapat dikemas dalam bentuk kemasan dus yang hanya bertahan selama 2-3 hari saja. Namun saat ini, sate bandeng dapat dikemas untuk jangka waktu yang lebih lama, yakni 10 bulan dengan kemasan foil melalui proses penggunaan mesin vacum. Dengan adanya metode pengemasan ini, sate bandeng memiliki potensi yang lebih luas sebagai komoditas pasar sebagai oleh-oleh karena lebih tahan lama. Kota Serang dapat mengembangkan kuliner yang satu ini karena memiliki potensi pasar, daya jual beli, dan komoditas pasar lebih luas sebagai oleh-oleh. Pelaku UKM sate bandeng akan diberikan pengetahuan mengenai branding. Pengetahuan dan pendidikan mulai dari kemasan produk, sampai pada cara memasarkan produk, baik yang konvensional maupun yang online. Sesuai dengan perkembangan ilmu komunikasi pemasaran, saat ini media sosial, Media sosial mampu memberikan solusi bagi permasalahan tingginya biaya pemasaran Peningkatan kualitas dan kuantitas produk sate bandeng yang tetap terjaga, selain dapat dilakukan melalui berbagai pelatihan dan pendampingan, juga publikasi yang cukup untuk membantu perluasan pasar. Promosi seefisien mungkin, dengan biaya promosi yang tidak mahal namun mampu menyentuh pasar dengan jumlah yang tak terhingga banyaknya. Era sekarang cara ini sudah menjadi model komunikasi pemasaran yang banyak digunakan penguasaha, murah dan menguntungkan. Oleh karena itu, metode komunikasi pemasaran digital atau online perlu menjadi pendekatan yang dapat diaplikasikan oleh para pengusaha, dengan catatan tetap menjamin kualitas dan kuantitas produk, agar konsumen tidak kecewa.</description><publisher>Universitas Muhammadiyah Jember</publisher><date>2019-06-01</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.untirta.ac.id/13897/1/17%20membangun%20kemandirian%20pangan%20melalui%20manajemen%20komunikasi%20pemasaran%20sate%20bandeng%20sebagai%20produk%20unggulan%20kota%20serang.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.untirta.ac.id/13897/2/Peer%20Review%20Membangun%20Kemandirian%20Pangan.pdf</identifier><identifier> Winangsih, Rahmi and Widyastuti, Nurprapti Wahyu and Widyastuti, Yeni (2019) Membangun Kemandirian Pangan Melalui Manajemen Komunikasi Pemasaran Sate Bandeng Sebagai Produk Unggulan Kota Serang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 5 (1). pp. 105-114. ISSN 2528--116X </identifier><recordID>13897</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Winangsih, Rahmi Widyastuti, Nurprapti Wahyu Widyastuti, Yeni |
title |
Membangun Kemandirian Pangan Melalui Manajemen Komunikasi Pemasaran Sate Bandeng Sebagai Produk Unggulan Kota Serang |
publisher |
Universitas Muhammadiyah Jember |
publishDate |
2019 |
topic |
Communication (General) |
url |
https://eprints.untirta.ac.id/13897/1/17%20membangun%20kemandirian%20pangan%20melalui%20manajemen%20komunikasi%20pemasaran%20sate%20bandeng%20sebagai%20produk%20unggulan%20kota%20serang.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13897/2/Peer%20Review%20Membangun%20Kemandirian%20Pangan.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13897/ |
contents |
Kuliner sate bandeng memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai komoditas pasar. Kuliner ini awalnya hanya dapat dikemas dalam bentuk kemasan dus yang hanya bertahan selama 2-3 hari saja. Namun saat ini, sate bandeng dapat dikemas untuk jangka waktu yang lebih lama, yakni 10 bulan dengan kemasan foil melalui proses penggunaan mesin vacum. Dengan adanya metode pengemasan ini, sate bandeng memiliki potensi yang lebih luas sebagai komoditas pasar sebagai oleh-oleh karena lebih tahan lama. Kota Serang dapat mengembangkan kuliner yang satu ini karena memiliki potensi pasar, daya jual beli, dan komoditas pasar lebih luas sebagai oleh-oleh. Pelaku UKM sate bandeng akan diberikan pengetahuan mengenai branding. Pengetahuan dan pendidikan mulai dari kemasan produk, sampai pada cara memasarkan produk, baik yang konvensional maupun yang online. Sesuai dengan perkembangan ilmu komunikasi pemasaran, saat ini media sosial, Media sosial mampu memberikan solusi bagi permasalahan tingginya biaya pemasaran Peningkatan kualitas dan kuantitas produk sate bandeng yang tetap terjaga, selain dapat dilakukan melalui berbagai pelatihan dan pendampingan, juga publikasi yang cukup untuk membantu perluasan pasar. Promosi seefisien mungkin, dengan biaya promosi yang tidak mahal namun mampu menyentuh pasar dengan jumlah yang tak terhingga banyaknya. Era sekarang cara ini sudah menjadi model komunikasi pemasaran yang banyak digunakan penguasaha, murah dan menguntungkan. Oleh karena itu, metode komunikasi pemasaran digital atau online perlu menjadi pendekatan yang dapat diaplikasikan oleh para pengusaha, dengan catatan tetap menjamin kualitas dan kuantitas produk, agar konsumen tidak kecewa. |
id |
IOS3442.13897 |
institution |
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
institution_id |
89 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
library_id |
598 |
collection |
Repository Universitas Sultan Ageng Tirtayasa |
repository_id |
3442 |
subject_area |
Administrasi Negara dan Militer Akuntansi Arsitektur |
city |
KOTA SERANG |
province |
BANTEN |
repoId |
IOS3442 |
first_indexed |
2023-03-04T21:43:39Z |
last_indexed |
2023-04-29T09:38:51Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764503533788332032 |
score |
17.538404 |