UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Cibungur 1 Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang
Main Author: | Amalia, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13640/1/UPAYA%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATA%20PELAJARAN%20IPS%20MELALUI%20PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPE.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13640/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pembelajaran dan meningkatkan pembelajaran hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan pengembangan material teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Menari Bambu. Ini Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Dia diketahui dari hasil observasi selama proses pembelajaran di kelas dan pada hasil nilai ujian akhir semester. Subyek dalam penelitian ini adalah sebagai sebanyak 25 siswa. Pada siklus I pertemuan pertama persentase siswa aktivitas mencapai 42,10% dan pada pertemuan kedua mencapai 52,63%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama persentase siswa mengalami peningkatan aktivitas yang mencapai 73,68% dan pada pertemuan kedua mencapai 89,47% observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama, persentase aktivitas guru mencapai 50% dan pada pertemuan kedua mencapai 65%. Sedangkan pada pertemuan pertama siklus II persentase aktivitas guru meningkat menjadi 75% dan pertemuan kedua meningkat yaitu hingga 90%. Adapun hasil belajar pada siklus I hasil belajar siswa 60% persentase dari kelengkapan. Nilai hasil belajar siswa pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 80%. Hasilnya menunjukkan bahwa melalui aplikasi model pembelajaran kooperatif menari bambu dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.