UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN EKSPLORATORY DISCOVERY Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Panunggangan 2 Kota Tangerang

Main Author: KHAIRIYATI, YULI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13637/1/UPAYA%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20IPA%20MELALUI%20PENDEKATAN%20EKSPLORATORY%20DISCOVERY.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13637/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu sebesar 65, khususnya pada mata pelajaran IPA. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan eksploratory discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SDN Panunggangan 2 Kota Tangerang tahun pelajaran 2013- 2014. Manfaat secara teoritis yaitu dapat menambah wawasan dan teori baru tentang penerapan pendekatan eksploratory discovery dalam mengembangan perencanaan pembelajaran. Manfaat secara praktis yaitu dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadopsi model Kemmis & Mc Taggart melalui dua siklus pembelajaran yang dalam pelaksanaannya menggunakan pendekatan eksploratory discovery yang dilakukan pada kelas IV SDN Panunggangan 2 Kota Tangerang tahun pelajaran 2013-2014, dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Hasil dari penelitian penerapan pendekatan eksploratory discovery pada pokok bahasan energi dan penggunaannya ini mampu mencapai hasil yang optimal, terlihat melalui hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata nilai siswa mencapai 67,20 dengan ketuntasan belajar 68% dan pada siklus II meningkat menjadi 75,60 dengan ketuntasan belajar 88%. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata pendekatan pembelajaran eksploratory discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA secara optimal.