THE INFLUENCE OF USING PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL (PWIM) TOWARDSTUDENT’S VOCABULARY MASTERY AT THE SEVENTH GRADE OF SMPN 1 KADUHEJO-PANDEGLANG (True Experimental Research)

Main Author: MELAWATI, MELAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13612/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20PICTURE%20WORD%20INDUCTIVE%20MODEL%20%28PWIM%29%20TOWARDSTUDENT%E2%80%99S%20VOCABULARY%20MASTERY%20AT%20_opt.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13612/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan kata bergambar model induktif (PWIM) terhadap penguasaan kosakata siswa di kelas tujuh SMPN 1 Kaduhejo-Pandeglang. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental yang sebenarnya. Dalam menarik sampel peneliti menggunakan cluster random teknik pengambilan sampel. Dari 240 populasi diambil 60 siswa sebagai sampel. Di dalam penelitian ini peneliti memilih dua kelas yaitu kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Namun sebelum melakukan penelitian, peneliti melakukan uji coba terlebih dahulu instrumen dari sampel untuk menemukan validitas dan reliabilitas tes yang akan dijadikan sebagai instrumen penelitian. Kelas VII-C terpilih sebagai kelas try out April ,2014. Hasilnya, 40 item valid karena hasil > dari 2,048 dengan tingkat signifikansi = 0,05 dan dk = n-2. sembuhkan hasil reliabilitas adalah 961. Artinya 40 butir soal dapat digunakan sebagai pre-test dan pasca-tes. Kedua kelompok diberikan pretest sebelum mendapat perlakuan. Itu bertujuan untuk mengetahui kemampuan kosakata siswa. Sedangkan posttest diberikan setelah mereka mendapatkan perlakuan. Instrumen penelitian untuk mengumpulkan data adalah tes kosakata dengan 20 . soal tes dalam pilihan ganda. Uji-t independen digunakan dalam pengujian hipotesis untuk mengetahui pengaruh penggunaan PWIM terhadap penguasaan kosakata siswa. Berdasarkan hasil uji independent t-test menunjukkan nilai 2,548 dan adalah 2,002 dan sig 2 tailed atau P>0,05 (0,14>0,05). Jadi, hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Artinya ada signifikan pengaruh PWIM pada penguasaan kosakata siswa. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan PWIM sangat bermanfaat untuk mempengaruhi penguasaan kosakata siswa karena mereka tidak hanya mengingat kosakata baru tetapi juga dapat menerapkannya ke dalam kalimat.