THE INFLUENCE OF USING MIND MAPPING TECHNIQUE TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION ON NARRATIVE TEXT AT EIGHT GRADE OF MTsN 1 KOTA SERANG

Main Author: Wulansyari, Dwiafriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13611/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20MIND%20MAPPING%20TECHNIQUE%20TOWARD%20STUDENTS%20READING%20COMPREHENSION%20ON%20NARRATIVE%20TEXT%20AT%20EIGHT%20GRADE%20O~1.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13611/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan penggunaan teknik mind mapping terhadap bacaan siswa pemahaman teks naratif siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Serang. Itu peneliti melakukan penelitian ini dengan menerapkan pendekatan kuantitatif dengan quasi eksperimental non-ekuivalen sebagai metode. Dalam penelitian ini semua siswa di kelas delapan di MTsN 1 Kota Serang. Populasi adalah 280 siswa. Itu penelitian dilakukan di dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas kelas eksperimen. Peneliti menggunakan random sampling sebagai sampel dan sampel sebanyak 56 siswa. Data dikumpulkan melalui tes yang disampaikan ke dalam pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pemetaan pikiran efektif digunakan dalam pengajaran pemahaman bacaan dari teks naratif. Perolehan skor kelas eksperimen (86,96) lebih tinggi dari kelas terkontrol (67,85). Berdasarkan statistik menggunakan analisis t-test dengan taraf signifikan 0,05 dan df=54 menunjukkan nilai thitung > ttabel = 7,71 > 2,00 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga menunjukkan adanya Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping Terhadap Membaca Siswa Pemahaman teks naratif siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Serang. Berdasarkan Berdasarkan hasil di atas, teknik mind mapping efektif untuk mengajarkan membaca bagi Sekolah Menengah Pertama. Jadi, guru dapat menerapkan teknik ini untuk mengajar membaca, untuk membuat siswa menjadi lebih kreatif dan pembelajaran mereka dapat lebih menyenangkan.