The Influence of using English Cartoon Movies toward Students’ Listening Ability (A True Experimental Study at the Eight Grade Students of SMPN 3 Kota Serang)

Main Author: Farida, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13610/1/The%20Influence%20of%20using%20English%20Cartoon%20Movies%20toward%20Students%E2%80%99.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13610/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan oleh menggunakan Film Kartun Bahasa Inggris terhadap kemampuan menyimak siswa. Peneliti melakukan penelitian kuantitatif pada siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Serang. Peneliti melakukan pre-test, treatment, dan post-test untuk mendapatkan data. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Eksperimental kelas menggunakan Teknik Film Kartun Bahasa Inggris. Tapi, di kelas kontrol tidak menggunakan Teknik Film Kartun Inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan Film Kartun Bahasa Inggris terhadap kemampuan mendengarkan siswa. Dari nilai rata-rata pre-test adalah 65,8 dan nilai rata-rata post-test adalah 80,3. Selain itu, hasil uji-t menunjukkan pengaruh yang signifikan. Jika thitung lebih tinggi ttabel, (5,45 2,00), artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian, Film Kartun Inggris dapat memberikan pengaruh positif terhadap Kemampuan Mendengarkan Siswa.