THE INFLUENCE OF USING COMIC STRIP TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE ELEVENTH GRADE OF SMAN 11 KABUPATEN TANGERANG (Quasi Experimental Research)
Main Author: | EMILIA SAGITA, LUSSY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13605/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20COMIC%20STRIP%20TOWARD%20STUDENTS%27%20READING%20COMPREHENSION%20AT%20THE%20ELEVENTH%20GRADE%20O.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13605/ |
Daftar Isi:
- Makalah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komik strip terhadap hasil belajar siswa. pemahaman bacaan di kelas XI SMAN 11 Kabupaten Tangerang di akademik 2014/2015. Peneliti melakukan eksperimen semu. Datanya adalah diambil dari nilai siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komik strip adalah pengaruhnya terhadap pemahaman membaca siswa. Terbukti dari para siswa skor. Pre-test eksperimen, mereka mendapat rata-rata 50,73 dan kelas kontrol, mereka mendapat 55.6 rata-rata. Post-test dari kelas eksperimen, mereka mendapat rata-rata 74,33 dan kelas kontrol, mereka mendapat rata-rata 70,96. Ada perkembangan pada post-test kelas eksperimen, nilai post-test siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kontrol kelas. Jadi, pengaruh komik strip terhadap pemahaman membaca siswa dapat dilihat dari hasil skor t-test. Hasil uji-t diperoleh skor 2,361. Kesimpulannya, komik strip memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca siswa.