The Influence of Using Clustering Technique toward Students’ Ability in Writing Descriptive Text at Second Grade of SMPN 3 Cikupa Tangerang

Main Author: Prabowo, Edo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13600/1/The%20Influence%20of%20Using%20Clustering%20Technique%20toward%20Students.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13600/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan clustering teknik terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif dan untuk mengetahui tanggapan siswa saat belajar menulis teks deskriptif dengan menggunakan clustering teknik di kelas II SMP Negeri 3 Cikupa, Tangerang. Penelitian ini adalah menggunakan metode campuran dengan eksperimen sejati. Populasi penelitian adalah sebesar kelas dua SMP Negeri 3 Cikupa, Tangerang tahun pelajaran 2014/2015. Itu dua kelas populasi diambil sebagai sampel melalui clustering random pengambilan sampel yaitu VIII4 sebagai kelompok eksperimen dan VIII5 sebagai kelompok kontrol. Itu kelompok eksperimen diajar dengan teknik clustering dan kelompok kontrol diajarkan dengan menggunakan teknik konvensional. Sebagai instrumen tes, pre-test dan post-test diberikan kepada kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan antara hasil pre-test dan post-test. Itu bisa dilihat dari meannya skor pre-test kelompok eksperimen adalah 48,14 dan kelompok kontrol adalah 46 memberikan perlakuan, peningkatan terlihat pada kelompok eksperimen yang memiliki nilai rata-rata post-test adalah 66,89. Sementara itu, nilai rata-rata post-test dalam kelompok kontrol adalah 59,57. Di sisi lain, T-test digunakan untuk mengetahui pengaruh menggunakan teknik Clustering terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Dari hasil perhitungan t-test pada post-test, diperoleh bahwa t-test lebih tinggi dari t tabel (2,274 > 1,996). Artinya Ha (hipotesis alternatif) diterima dan ada merupakan pengaruh penggunaan teknik clustering terhadap kemampuan menulis siswa dalam teks deskriptif siswa kelas 2 SMP Negeri 3 Cikupa Tangerang. Selain itu, Hasil angket menunjukkan bahwa semua siswa (100%) memberikan tanggapan positif menuju teknik clustering.