STRATEGI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY(CSR) PT CILEGON FABRICATORS (Studi Evaluasi Kerja Program Corporate Social Responsibility PT Cilegon Fabricators Pada Kegiatan Khitanan Masal Masyarakat Kecamatan Pulo Ampel Tahun 2007, Serang Banten)

Main Authors: Irmawati, Dwi, Afrilla, Naniek, Restu.H,, Uliviana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/136/1/SKRIPSI%20Dwi%20Irmawati.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/136/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Program Corporate Social Responsibility (CSR) suatu bentuk tanggung jawab yang dilakukan oleh sebuah perusahaan kepada komunitas dan juga lingkungan. Program Corporate Social Responsibility (CSR) ini bertujuan membangun kebersamaan, mengharmoniskan hubungan antara dunia industri dan masyarakat sekitar serta membangun lingkungan dengan meningkatkan program kesehatan. Untuk itu PT Cilegon Fabricators melaksanakan Program Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang kesehatan yaitu kegiatan khitanan masal tahun 2007 pada tiga desa sekitar perusahaan yaitu Desa Argawana, Desa Margasari, dan Desa Bayuwangi, Pulo Ampel - Serang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan pada tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap dampak. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode evaluatif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi langsung serta dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan informan sebanyak sebelas orang dengan sampel purposife. Teori yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan model PII Cutlip, Center and Broom. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi kegiatan khitanan masal tahun 2007, pada tahap evaluasi persiapan yang dilakukan pengajuan proposal ke pihak management sebagai bentuk kepedulian sekaligus perayaan hari ulang tahun PT Cilegon Fabricators yang melibatkan tiga desa dengan kouta sebanyak 73 peserta. Evaluasi tahap implementasi menunjukan bahwa penggunaan media lisan dan media tertulis dalam penyebaran pesan tercapai dengan antusias warga yang datang dan dengan adanya penggolongan khalayak efektif dan khalayak potensial yang hadir dalak kegiatan. Evaluasi pada tahap dampak adalah masyarakat senang dan anak-anak mereka tumbuh menjadi baik dan sehat serta menginginkan kembali kegiatan khitan tahun berikutnya. Adapun saran yang dapat peneliti berikan adalah dipertahankan dan ditingkatkan kegiatan khitanan masal selanjutnya karena bermanfaat dan membantu warga sekitar, ditingkatkan kembali koordinasi yang dapat membantu jalanya program dan kegiatan Corporate Social Responsibility berikutnya, HRD PT Cilegon Fabricators dalam merencanakan program dan kegiatan berikutnya harus disesuaikan dengan kebutuhan warga sekitar, mendorong dan memberikan acuan pada perusahaan lain untuk melakukan evaluasi terhadap program dan kegiatan apapun.