THE INFLUENCE OF SONGS TOWARDS STUDENTS’ LISTENING SKILL AT THE EIGTH GRADE OF MTsN MODEL PADARINCANG (True Experimental Research)

Main Author: NADIAH, NANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13599/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20SONGS%20TOWARDS%20STUDENTS%E2%80%99%20LIUSTENING%20SKILL%20AT%20THE%20EIGHT%20GRADE%20OF%20MTSN%20MODEL%20PADARI_opt.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13599/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lagu dalam pengajaran keterampilan menyimak pada siswa kelas VIII MTsN Model Padarincang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menerapkan rancangan eksperimen sejati. Tes awal dan post-test digunakan untuk mendapatkan data. Sampel penelitian ini adalah delapan kelas siswa MTsN Model Padarincang, dipilih 30 siswa untuk setiap kelompok. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test dihitung menggunakan SPSS Statistics 16.0 for jendela. Instrumen yang digunakan berupa tes dan dianalisis dengan rumus skor rata-rata. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor sebelum perlakuan dan skor setelah perawatan. Di kelas kontrol, nilai rata-rata pre test adalah 51. Ada terdapat peningkatan pada hasil post test dengan nilai rata-rata 67,33. Di kelas eksperimen, nilai rata-rata pre test adalah 60,67. Setelah penulis memberikan perlakuan, terjadi peningkatan hasil post test yaitu 84. Hal ini dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan lagu dalam pengajaran keterampilan mendengarkan.